Internet Gratis dari Internet.org Sudah Masuk Indonesia

Internet Gratis dari Internet.org Sudah Masuk Indonesia

Tepatnya kemarin saat Saya membuka Facebook di Android terdapat logo Internet.org yang sebelumnya tidak ada. Sepertinya internet gratis dari Internet.org sudah masuk Indonesia nih. Mengingat waktu kunjungan Mark Zuckerberg bos dari situs jejaring sosial Facebook ke Indonesia tahun lalu yang disambut oleh Pak Jokowi yaitu dalam rangka pengembangan jaringan komunikasi gratis, mungkin ini adalah bentuk apresiasi yang direncanakan.

Akan tetapi ternyata program ini hanya dapat di akses di beberapa negara saja termasuk Indonesia dengan dukungan layanan dari Provider yang mendukung juga. Indonesia sendiri menggandeng kemitraannya dengan Provider selluler Indosat. Situs-situs yang dapat di akses secara gratis juga jumlahnya terbatas, hanya beberapa dari situs populer luar negeri maupun Indonesia. Bagi pengguna android bisa menginstall aplikasi Internet.org di google play.

Sampai saat postingan ini ditulis ada 16 situs / layanan yang dapat di akses dengan internet gratis dari Internet.org di Indonesia. Diantaranya situs tentang kesehatan, pendidikan, lowongan kerja, dll. Untuk lebih jelasnya lihat dibawah ini:

  1. AccuWeather
  2. Ask.com
  3. BabyCenter & MAMA
  4. Bola.net
  5. Facebook - Data Gratis
  6. Girl Effect
  7. JobStreet.com
  8. KapanLagi
  9. Kelase
  10. Merdeka.com
  11. Messenger
  12. OLX
  13. Penuntun Hidup Sehat - UNICEF
  14. Tokopedia
  15. Wattpad
  16. Wikipedia


Adapun negara-negara yang kebagian internet gratis ini beserta dukungan Provider yang tersedia adalah sebagai berikut:

  1. Ghana (Airtel)
  2. Kenya (Airtel)
  3. Zambia (Airtel)
  4. Indonesia (Indosat)
  5. India (Reliance - Tamil Nadu, Maharashtra, Andhra Pradesh, Gujarat, Kerala, Mumbai)
  6. Philippines (SMART)
  7. Colombia (Tigo)
  8. Guatemala (Tigo)
  9. Tanzania (Tigo)


Ada satu yang mengganjal di benak Saya saat memakai Internet.org yaitu waktu Saya mencoba masuk Facebook dengan program ini. Semua foto yang terupload tidak bisa ditampilkan, sedangkan untuk melihatnya tetap harus bayar alias tidak gratis dengan disetting ke penggunaan data / kuota internet biasa.

Baca juga: Menampilkan Pesan Facebook di Android Tanpa Aplikasi Messenger

Berdasarkan informasi diatas dapat disimpulkan bahwa untuk internet gratis dari Internet.org masih mempunyai kekurangan. Karena tidak semua negara bisa menikmatinya dan juga keterbatasan situs / layanan yang dapat di akses. Selain itu masing-masing negara hanya ada satu Provider yang mendukung. Meskipun begitu setidaknya negara Indonesia bersyukur sudah bisa menikmati program internet gratis ini.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

3 komentar untuk "Internet Gratis dari Internet.org Sudah Masuk Indonesia"

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.