Tutorial Root Android Samsung Via Odin Dengan File CF Auto Root

Root Android Samsung Via Odin Dengan File CF-Auto-Root

Sebenarnya untuk melakukan root android bisa menggunakan sebuah aplikasi langsung dari perangkat namun jika ternyata perangkat kita tidak mendukung jalan terbaiknya adalah melakukan rooting android menggunakan odin melalui komputer. Odin merupakan software yang dikembangkan oleh Samsung electronic yang hanya bisa dioperasikan di windows PC atau Notebook dan berfungsi untuk melakukan flashing suatu file yang tidak memungkinkan bisa dilakukan langsung dari perangkat. Tetapi banyak juga para developers memodifikasi software ini untuk keperluan mereka.

Melakukan rooting android sama saja menghilangkan garansi resmi dari service center dan akan memutuskan pembaruan resmi dari produsen smartphone android terkait update perangkat lunak. Lebih detailnya baca pastingan kelebihan dan resiko root android. Jadi sekarang keputusan ada ditangan sobat.

Untuk melakukan rooting android terutama melalui Odin prinsip dan cara kerjanya sama untuk berbagai type android samsung. Yang membedakan adalah file root yang akan diinstall harus sesuai dan kompatible dengan model maupun type perangkat. Sedangkan File root yang akan dipakai disini yaitu CF Auto Root dari Chainfire, karena hampir semua android samsung galaxy tersedia. Penjelasan lengkap mengenai fitur dan kelebihannya bisa langsung kunjungi situs resminya.

Tutorial root android samsung dengan file CF Auto Root


#1. Download CF Auto Root di situs resmi Chainfire, sesuaikan dengan model dan type android, jangan sampai salah pilih. Jika ternyata android sobat tidak ada didaftar bisa cari file root lain yang sesuai.

Update: Situs resmi Chainfire sudah pindah kesini.

#2. CF Auto Root berisi file .tar.md5 yang merupakan file untuk root android dan juga Odin yang dikemas satu paket didalam file Zip. Simpan file tersebut di komputer sobat kemudian lakukan extract zip.

#3. Install Samsung USB Driver kedalam windows PC kalau sudah ada abaikan saja. Jalankan Odin.exe (run as administrator) dari file zip yang sudah diextract tadi. Jika sobat memakai odin yang lain jangan lupa beri ceklis pada Auto Reboot dan F. Reset Time. Klik pada AP/PDA kemudian cari dan masukkan file .tar.md5 tadi.

Root Android Samsung Via Odin Dengan File CF-Auto-Root

#4. Sekarang lakukan settingan pada smartphone android yang akan di root. Aktifkan USB Debuging dan OEM unlock (untuk OS 5.1 atau lebih tinggi) biasanya terdapat dibagian Settings >> Developer options >> disini. Pastikan juga administrator perangkat sudah diaktifkan untuk penginstallan sumber selain playstore, masuk ke Settings >> Lock screen and security >> Unknown sources.

#5. Matikan perangkat lalu masuk ke Mode download, caranya tekan dan tahan tombol volume down, home dan power secara bersamaan, setelah muncul logo booting samsung segera lepas. Tekan tombol volume up sekali untuk masuk ke tampilan mode download.

#6. Hubungkan perangkat dengan PC melalui kabel USB dan pastikan tampilan Odin dibagian ID:COM nampak berwarna biru dan muncul tulisan added!! didalam kotak message. Klik Start untuk memulai flashing.

Root Android Samsung Via Odin Dengan File CF-Auto-Root

#7. Jika proses flashing root file selesai perangkat akan reboot sendiri, hingga muncul tulisan PASS! berwarna hijau pada odin dan sobat boleh melepas kabel USB nya.

Root success

#8. Sekarang sobat bisa melihat didalam layar drawer android muncul aplikasi SuperSU. Buka dan lakukan Update Binary dan selamat android samsung sobat sudah rooted status.


Tutorial versi video

Untuk meyakinkan apakah android sudah benar-benar root atau belum, cek menggunakan aplikasi Root Checker. Lakukan prosedur dengan benar dan saya tidak bertanggung jawab atas resiko yang mungkin terjadi karena kesalahan. Sobat bisa bertanya-tanya dikomentar jika mengalami kesulitan, dan akan kita bahas solusinya.

Happy modding!!
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

11 komentar untuk "Tutorial Root Android Samsung Via Odin Dengan File CF Auto Root"

Comment Author Avatar
Maaf gan hp samsung J5 udah terlanjur mati total cuma ada bacaan custom binary blocked by FRP gimana ya gan?? Mohon dibls
Comment Author Avatar
Iya J5 Kayaknya Jelek Soalnya Gampang Kenapa Napa.

Comment Author Avatar
kalo hp samsung wonder gimana gan?
Comment Author Avatar
Berhasil work 100%..samsung j1mini j105f....thx.
Comment Author Avatar
karena HH saya sudah di upgrade dari kitkat ke marsmelo mau di root ga bisa lagi kalo lewat HH menggunakan Odin juga kalo mau root lewat HH ga support apk King Sama SU
eh ketemu blog nih agan jd coba2 deh N akhirnya berhasil Di ROOT ty gan sangat membantu Blognya N tutoornya lengkap dan Mudah dimengerti hiiiiiiii
Comment Author Avatar
bang maksud cari merek hp yang sesuai
versi android yg sesuai
atau merek hp nya
Comment Author Avatar
Wah dengan root hp gua serasa kaya andoroid
Comment Author Avatar
Wiiih..pdhala hp gua samsung galaxy