2 Cara Mudah Membuka Kunci Layar Android Karena Lupa

Jangan terburu-buru membawa hp ke tukang servis hanya untuk sekedar membuka kunci layar android yang tidak bisa dibuka karena lupa kata sandi atau pola. Kita bisa memperbaiki sendiri tanpa harus menelan biaya sepeserpun, dan caranya mungkin akan sama dengan yang dilakukan si tukang servis hp.

lupa lockscreen

Cara ini sangat sederhana dan pasti sudah banyak pengguna android mengetahuinya. Buat yang sudah jago masalah ginian mending nyimak saja karena tips ini khusus bagi sobat yang belum tahu.

Cara membuka Kunci layar/Lockscreen Android


1. Menggunakan akun Google
Untuk pengguna android Kitkat 4.4 atau yang lebih lama, membuka kunci layar yang lupa dengan akun google adalah cara yang paling aman. Tetapi cara ini hanya bisa dipakai jika perangkat android yang terkunci dalam keadaan data internet ON.

  • Setelah 5 kali salah memasukkan pola atau sandi akan muncul beberapa opsi, pilih Buka kunci via Google.
  • Masukkan email dan password akun google yang sedang dipakai di android lalu klik Masuk.
  • Selanjutnya akan dibawa ke pengaturan kunci layar, pilih saja tipe swipe/usap dan selesai.

konfirmasi lockscreen via google

Baca juga: Cara mengunci dan melacak android yang hilang melalui sms


2. Hard Reset
Jika android sobat terkunci dalam keadaan data Off, bisa memakai cara yang satu ini. Namun cara ini terbilang ekstrime, karena kita akan mereset semua data perangkat dan mengembalikan ke setelan pabrik atau istilah lainnya factory reset. Sebenarnya factory reset sudah tersedia di menu setting, berhubung android telah terkunci maka kita lakukan melalui mode pemulihan (recovery mode) untuk mereset datanya.

Untuk masuk ke recovery mode tiap perangkat android berbeda-beda caranya. Sebagai contoh Samsung galaxy, dalam kondisi Off tekan dan tahan tombol volume up + home + power secara bersamaan sampai muncul logo booting kemudian lepas. Berbeda dengan Xiaomi yang hanya menghidupkan perangkat dengan menekan dan tahan tombol volume up + power secara bersamaan dan disaat logo booting muncul segera dilepas. Untuk yang lain bisa dicari sendiri di google atau lihat di situs android-recovery.info.

Tombol pembuka recovery mode
Ilustrasi tombol

Lanjut lagi, setelah recovery mode terbuka terdapat beberapa pilihan, sobat fokus saja ke factory reset.

  • Arahkan ke wipe data/factory reset (gunakan tombol volume up dan volume down untuk mengarahkannya).
  • Kemudian OK dengan menekan tombol power.
  • Tampilan selanjutnya konfirmasi dengan memilih Yes -- delete all user data dan tunggu beberapa detik semua data akan terhapus.
  • Setelah selesai, pilih reboot system now untuk merestart perangkat dan lihat hasilnya. Kunci layar sudah tidak ada lagi.

Factory reset on recovery mode


Kesimpulan

Paling aman membuka kunci layar adalah dengan konfirmasi akun google karena tidak akan kehilangan semua data. Tapi cara ini khusus untuk pengguna Android Kitkat 4.4 atau yang lebih lama saja, serta hanya bisa dilakukan jika data internet dalam keadaan ON. Jika mengaktifkan data internetnya setelah terkunci itu sepertinya mustahil.

Sedangkan jika melakukan factory reset berarti kita harus menanggung resiko kehilangan semua data settingan perangkat, data aplikasi, aplikasi hasil download yang terinstall maupun file-file di internal seperti musik, foto, video, dll. Namun tidak menghapus file yang tersimpan di sdcard.

Post Pilihan:

4 Responses to "2 Cara Mudah Membuka Kunci Layar Android Karena Lupa"

  1. terimkasih mas atas trik nya, yg nomer 2 work hehe meskipun data - data di internal hp temen ku ilang tapi ga papalah yg penting bisa lagi, nyoba yg no 1 ga bisa soal nya temen ku lupa password email nya hemmm. ya terpaksa hard reset

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob.. ternyata postingan sederhana ini bisa berguna buat sobat.
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Delete
  2. koq di samsung saya ga ada menu buka pake google yaa.. yg tampil hanya panggilan darurat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini khusus untuk android kitkat 4.4 atau yang lebih lama mba.

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!