5 Custom ROM Terbaik untuk Android yang perlu dicoba

Ketika baru membeli sebuah smartphone Android, tentunya kita akan mengubek-ubek settingan supaya tampilan jadi lebih bagus dan nyobain berbagai kelebihan fitur yang dibawanya. Tapi setelah beberapa minggu kemudian mungkin akan mulai merasa bosan, seolah-olah hanya itu-itu saja keistimewaannya, sama seperti kebanyakan smartphone lain.

Hal semacam ini sangat wajar apalagi bagi pengguna yang suka ngoprek jeroan system android. Perlu kita ketahui, sebuah smartphone android yang dibekali ROM bawaan kebanyakan dibatasi fitur-fitur dan kelebihan yang didapat sesuai dengan tingkat harganya. Akan tetapi ada juga beberapa fitur hanya disembunyikan dan tidak dimaksimalkan. Sebagai contoh android yang memiliki series produk seperti samsung galaxy S series, jeroan system UI memiliki banyak kesamaan namun hanya sebagian kecil saja yang dipakai supaya setiap seri memiliki tampilan yang berbeda.

Sobat nggak perlu ambil pusing masalah seperti itu karena sekarang udah jamannya orang pakai custom ROM sebagai pelampiasan ROM bawaan yang tidak bisa memenuhi keinginan kita.

Custom ROM Terbaik

Ada banyak custom ROM diluar sana yang bisa kita gunakan. Tapi jika ingin yang terbaik maka saya sudah ada daftar custom ROM terbaik untuk Android yang perlu dicoba.

Satu hal yang perlu diketahui juga, sebelum mendownload dan menggunakan sebuah custom ROM pastikan bahwa android yang sobat miliki sudah dalam kondisi root. Jadi sobat harus nge-root android terlebih dahulu barulah bisa menginstall custom ROM.

Custom ROM Terbaik untuk Perangkat Android


1. CyanogenMod

CyanogenMod ROM

CyanogenMod sampai saat ini masih menjadi pilihan nomor satu sebagai custom ROM terbaik. Alasannya adalah mereka menawarkan banyak fitur dan mendukung banyak tipe android dari berbagai merk dan tentunya dikembangkan oleh developers handal.

Custom ROM android ini paling populer, paling stabil, didukung banyak fitur dan pilihan kustomisasi Themes nya. Saking populernya, ROM ini sampai digunakan juga oleh produsen smartphone asal India Yu Yureka sebagai ROM bawaan. Dengan pilihan installer satu-klik, sobat dapat dengan mudah menginstal CyanogenMod ROM pada smartphone android.

Jika sobat ingin memilih CyanogenMod sebagai custom ROM terbaik, bisa kunjungi langsung situs resminya.

Situs resmi CyanogenMod

2. ParanoidAndroid

ParanoidAndroid ROM

Jika ada ROM yang mampu bersaing dengan CyanogenMod maka ROMParanoidAndroid jawabannya. Alasannya sederhana karena selain dilengkapi dengan banyak fitur juga ROM ini sering diperbarui dan user interface yang ciamik.

ParanoidAndroid merupakan salah satu custom ROM terbaik untuk Android karena memungkinkan sobat untuk menerapkan beberapa tweak di android. Mampu mengubah warna status bar dan navigation bar secara otomatis sesuai dengan warna dari aplikasi apapun yang sedang dibuka.

Terdapat juga Hybrid mode seperti Tablet UI yang bisa mengatur layout aplikasi. Sobat juga dapat memaksimalkan menu setting untuk menyembunyikan status bar dan navigation bar. Dan beberapa fitur lain seperti aplikasi Privacy untuk keamanan, fitur HALO untuk akses aplikasi dengan mudah dan Floating mode memungkinkan sobat untuk membuka aplikasi lain dengan tampilan mini tanpa harus menutup aplikasi pertama yang sedang dibuka.

Situs resmi ParanoidAndroid

3. AOKP Custom ROM

AOKP ROM

ROM yang ketiga adalah AOKP - Android Open Kang Project. Semua pengaturan ROM ini dapat dikendalikan dari tab ROM control yang terdapat di menu Setting.

Fitur yang dibawa juga cukup banyak, sobat dapat dengan mudah mengubah ketinggian navigation bar sesuai keinginan dan juga bisa membuat navigation bar dan status bar jadi transparan. Selain itu sobat bisa membuat shortcut aplikasi dan diletakkan di navigation bar atau di navigation ring.

Kontrol Ribbon untuk menyematkan aplikasi ke menu notifikasi atau ke homescreen yang berderet dari atas kebawah dan bisa juga ke lockscreen sehingga ketika layar digesek akan muncul dari sisi tertentu.

Baca juga: Cara mudah membuka lockscreen android karena lupa

Nggak ketinggalan juga, dengan AOKP kita dapat mengatur dan mengganti berbagai animasi BOOT dari menu Setting.

Situs resmi AOKP

4. Slim Bean ROM

Slim Bean ROM

Slim Bean dianggap sebagai custom ROM yang simple untuk Android karena lebih memfokuskan pada layanan user interface yang sederhana dan tanpa bug.

Meskipun sederhana, dengan memakai Slim Bean ROM memungkinkan android untuk update ke versi terbaru langsung dari perangkat. Custom ROM ini menggunakan custom Kernel sebagai processor sehingga kinerja perangkat jadi lebih baik dan irit pemakaian baterai.

Situs resmi Slim Bean

5. PAC-man ROM

PAC-man ROM

PAC-man ROM disebut juga ROM all-in One karena menggabungkan beberapa fitur dari custom ROM terbaik seperti CyanogenMod, ParanoidAndroid dan AOKP yang dijadikan satu.

ROM ini terbilang stabil dan jarang terjadi bug. Jika ingin merasakan fitur dari tiga custom ROM sekaligus, PAC-man patut dicoba.

Situs resmi PAC-man ROM


Selain kelima custom ROM diatas, ada satu lagi nih yang perlu ditambahkan kedaftar custom ROM terbaik untuk android.

6. Carbon ROM

Carbon ROM

Carbon ROM bisa dibilang custom ROM terbaik karena nggak sedikit orang menggunakan ROM ini untuk dipasang di perangkat androidnya. Saya sendiri juga sudah pernah memakainya dan lumayan banyak juga fiturnya terutama dalam urusan tampilan, selain itu juga irit baterai.

ROM ini berbasis AOSP dan memiliki beberapa fitur seperti PIE, Chronus Clock Widget, berbagai pilihan lockscreen dan icon baterai yang disesuaikan sendiri dengan pilihan warna dan bentuknya.

Situs resmi Carbon ROM


Itulah beberapa custom ROM terbaik untuk Android yang bisa dipertimbangkan sebagai pengganti dari ROM bawaan yang mungkin kurang memuaskan keinginan kita.

Tapi nggak menutup kemungkinan selain custom ROM yang sudah disebutkan diatas bukan berarti yang lain jelek, bisa jadi justru ada yang lebih bagus mengingat perkembangan smartphone android sangat pesat membuat keahlian para developers dalam mengembangkan custom ROM juga akan ikut meningkat. Jika sobat punya rekomendasi lain bisa ditambahkan dikolom komentar.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

1 komentar untuk "5 Custom ROM Terbaik untuk Android yang perlu dicoba"