Trik Membuat Subtitle Dengan Text Editor Android (txt to srt)

TXT to SRT

Subtitle sering kita jumpai pada saat menonton sebuah video atau film luar negeri yang nampak berderet dibagian bawah sebagai teks terjemahan dari film tersebut. Jika ternyata tidak ada maka perlu kita tambahkan sendiri dengan subtitle eksternal, bisa berupa file extension .srt, .sub, .ass, .stl, .scc atau sejenisnya yang bisa kita unduh di internet atau bahkan mengambil dari subtitle buatan sendiri.

Cara buatnya gimana? Untuk membuatnya bisa menggunakan software PC, nah buat yang nggak punya PC atau kesulitan cara memakainya, saya ada trik yang bisa membuat subtitle dengan text editor tentunya di android. Saya akan membuat subtitle dalam format SubRip yang berextension .srt karena menurut saya jenis ini yang paling mudah untuk dipahami dan paling umum digunakan.

Sebelum lanjut baca perlu kita ketahui dulu, membuat subtitle SRT memakai text editor berarti kita akan mengganti extension .txt yang sudah di Encoding menjadi .srt. Dan ternyata jika kita sudah membuatnya lalu menyimpan dengan akhiran .srt dengan menambahkan Encoding saja maka akan berbeda hasilnya meskipun bisa ditampilkan di video player. Sebagai contoh bandingkan screenshoot dibawah ini:

Detail format subtitle .srt

Gambar diatas saya mengecek detail file srt yang isinya sama memakai Subbr, yaitu aplikasi android untuk menampilkan sekaligus mengedit subtitle (sayangnya tidak bisa untuk membuat). Terlihat bahwa menambahkan encoding saja maka jenis format tidak terbaca (unknown), dan apabila menambahkan encoding sekaligus Linebreak saat menyimpan akan terbaca formatnya yaitu SubRip yang merupakan format murni dari file extension .srt dan ukuran file pun berubah.

Penyebab utama disini yaitu pada aplikasi text editornya sendiri, apakah memiliki fitur Linebreak atau tidak. Tapi sobat tidak perlu khawatir, memakai text editor manapun bisa untuk membuat subtitle srt. Kalau mau yang ada fitur linebreak coba pakai Jota+ di android sobat.

Cara membuat Subtitle

Subtitle SRT dilihat dari text editor akan nampak terdiri dari beberapa Line yang ditandai dengan nomor yang berurutan dan berderet kebawah. Setiap line terdapat timing/durasi dan juga text naskah yang nantinya akan dimunculkan sesuai timingnya. Lebih jelasnya lihat contoh dibawah:

1
00:00:08,600 --> 00:00:11,400
Naskah pertama yang akan nampak sesuai timing

2
00:00:11,600 --> 00:00:13,400
Naskah kedua yang akan nampak sesuai timing

dan seterusnya....

Keterangan
biru : nomor line
hijau : timing start
merah : timing end
orange : text naskah percakapan

Detail timing
jam:menit:detik,milidetik

Peraturan penulisan SRT adalah seperti diatas, setiap line harus dipisahkan satu baris untuk line berikutnya. Line berisi nomor, dusasi start --> durasi end, dan text naskah.

Selain ketiga itu srt juga bisa dimasuki tag HTML, ini berguna untuk mendekorasi text dengan memberi warna text, text tebal, text miring, dll.
Contoh:

15
00:01:41,600 --> 00:01:46,400
<b><font color="#f68a00">Naskah15 yang akan nampak dengan text tebal berwarna orange</font></b>

Baca juga: Cara convert video mp4 ke mp3


Sekarang saatnya kita buat, saya akan menggunakan text editor Jota+, kalau sobat belum punya bisa pakai yang lain karena fungsinya juga sama.

Pertama
Buat file text baru, simpan dengan Encoding UTF-8, kalau memakai Jota+ bisa menambahkan Linebreak CRLF (for windows).

Encoding UTF-8 dan Linebreak CRLF


Kedua
Sekarang kita edit isinya, sedikit trik supaya lebih mudah kita buat 10 line dulu dengan timing yang sama (00:00:00,600 --> 00:00:00,400) seperti ini:

Line dan timing subtitle


Ketiga
Kita tutup dulu text editor dengan tombol home (jangan keluar/back) supaya tetap berjalan dibackground. Putar video atau film yang akan dibuat subtitlenya. Disini kita harus perhatikan setiap percakapan di video sesuai timingnya, ambil timing awal dan akhir.
Misalkan ada percakapan pertama seperti ini "Apakabar sobat, menurut kalian saya ini ganteng nggak?" ditiming antara detik 5 sampai detik 9 maka kita buka text editor tadi dari recent apps kemudian edit seperti ini:

1
00:00:05,600 --> 00:00:09,400
Apakabar sobat, menurut kalian saya ini ganteng nggak?

Untuk percakapan kedua dan seterusnya sesuaikan dengan urutan nomor line nya.


Keempat
Jika 10 line sudah selesai bisa lanjutin tambahkan 10 line lagi sesuai dengan nomor urutnya. Dan apabila sudah diedit semua tinggal rename sesuai dengan nama file video diikuti dengan akhiran yang tadinya .txt ganti menjadi .srt, dan jangan lupa disimpan satu folder bersama file video.


Pengujian & Koreksi

Putar video, lihat dan cocokkan hasil subtitle yang sudah dibuat tadi, apakah timing sudah pas dengan percakapan atau belum. Kita hanya bisa mengira-ngira saja, apabila ditemukan yang kurang pas tinggal diedit lagi. Jika ingin mengedit ulang jangan lupa rename ganti .srt menjadi .txt karena tidak semua text editor dapat membaca extension .srt dan setelah diedit kembalikan lagi seperti semula.

Penampakan recording screen

Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

11 komentar untuk "Trik Membuat Subtitle Dengan Text Editor Android (txt to srt)"

Comment Author Avatar
Min kalo mau kasih bckgroud item di subtitlenya caranya gimana? mohon pencerahannya
Comment Author Avatar
Memakai font style, contoh:

<b><font style="color:white; background:black;">TEXT DISINI</font></b>

kalau tidak mau tebal tinggal hilangin <b> dan </b>
Comment Author Avatar
terimakasih atas respon dan pencerahannya,semoga visitor semakin banyak...
Comment Author Avatar
Min, mau nanya
Supaya gampang liat milidetik nya itu dimn ya? Jd pas ketik milidetik ga bigung
Tolong jawabannya😭😭
Comment Author Avatar
Min, mau nanya
Supaya gampang liat milidetik nya itu dimn ya? Jd pas ketik milidetik ga bigung
Tolong jawabannya😭😭
Comment Author Avatar
Min, mau nanya
Supaya gampang liat milidetik nya itu dimn ya? Jd pas ketik milidetik ga bigung
Tolong jawabannya😭😭
Comment Author Avatar
Jika mutar pakai video player bawaan biasanya tidak tersedia milidetik. Pakai saja editor video untuk menampilkan milidetik, seperti KineMaster dll.
Comment Author Avatar
biar tambah mantap buat bikin subtitle pake hp, jangan lupa di blog saya yg masih sepi: https://kitaterusbelajar.blogspot.co.id/2018/04/cara-mudah-membuat-subtitle-video-di-hp.html
Comment Author Avatar
Untuk perbesar ukuran fontnya gmn gan?
Comment Author Avatar
Untuk perbesar ukuran fontnya gmn gan?