2 Cara Berbeda Membeli Aplikasi Android dengan Pulsa

Semenjak munculnya layanan Google Carrier Billing memudahkan kita untuk membeli aplikasi android berbayar di Google Play melalui sistem potong pulsa. Selain kemudahan yang didapat, layanan ini juga memberikan keamanan extra jadi kita nggak perlu khawatir kena hack seperti halnya pakai kartu kredit.

Cara membeli aplikasi android dengan pulsa

Syarat utama dalam pembelian aplikasi di google play adalah kita harus memakai akun google (Gmail). Ini sudah mutlak dari kebijakan google, tidak bisa dirubah kecuali dari pihak google sendiri.

Syarat kedua, memakai SIMcard/kartu seluler dari provider Telkomsel, XL/Axis, atau Indosat karena untuk saat ini baru ketiga provider tersebut yang mendukung google carrier billing.

Syarat ketiga, jika ingin membelinya dengan sistem potong pulsa maka sediakan pulsa yang cukup serta koneksi data internet untuk mengunduhnya. Maksud dari pulsa yang cukup disini adalah kita harus menyediakan pulsa lebih dari harga aplikasi yang akan dibeli. Misalkan harga yang tertulis Rp20.000 maka pulsa yang kita perlukan harus dilebihin minimal 15 persen dari harga asli. Kenapa harus dilebihin? Ini untuk bayar pajak PPN dan Bea Jasa Provider sob... Untuk PPN saat ini adalah 10% sedangkan Bea Jasa biasanya setiap Provider memiliki ketentuan sendiri-sendiri tetapi rata-rata adalah 2% dan ini bisa saja berubah sewaktu-waktu.

20.000 × (10% + 2%)
20.000 × 12%
= 2.400

Pulsa yang harus disediakan adalah
20.000 + 2.400 = 22.400


Sebelum melakukan pembelian sebaiknya sobat juga perlu mengetahui Tips sebelum membeli aplikasi di google play supaya nanti dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan dikemudian hari.

2 Cara membeli aplikasi dengan pulsa

Cara Pertama
Berlaku bagi pengguna yang baru pertama kali transaksi dengan google carrier billing. Untuk proses registrasi dan verifikasi ada 2 pilihan di menu my account atau langsung pada pembelian aplikasi. Saya akan jelaskan yang langsung saja, dan ingat proses ini hanya bisa dilakukan dengan SIMcard yang sedang dipakai untuk bertransaksi.

  1. Buka aplikasi Google Play dan cari aplikasi berbayar yang akan dibeli kemudian klik pada tombol Harga.
  2. Klik lagi tombol Continue/Lanjutkan.
  3. Pilih payment method sesuai dengan kartu, misal Enable Indosat Billing.
  4. Lengkapi formulir registrasi yang diberikan kemudian klik Save. Tunggu sampai pemberitahuan verifikasi selesai dikirim via SMS.
  5. Halaman selanjutnya lakukan konfirmasi verifikasi dengan mengklik tombol Accept / Terima.
  6. Klik lagi tombol Buy / Beli untuk melanjutkan transaksi.
  7. Masukkan Password akun google lalu klik Confirm, dan aplikasipun akan terunduh.
  8. Setelah pengunduhan selesai nanti akan diberi pilihan konfirmasi, apakah mau disetiap pembelian lagi nanti harus selalu konfirmasi password ataukah hanya setiap 30 menit setelah transaksi selesai.

Cara membeli aplikasi android dengan pulsa
Bukti pembayaran akan diberikan berupa Email dan SMS.


Cara Kedua
Berlaku bagi pengguna yang sudah pernah transaksi. Cara kedua ini sebenarnya sama dengan cara pertama, Akan tetapi karena sebelumnya sudah memverifikasi SIMcard maka pada langkah ke-4 diatas tinggal kita lewati saja.

Ada satu lagi yang menarik dari cara kedua ini yaitu apabila perangkat sobat memiliki 2 SIMcard, misal Indosat dan Telkomsel dan sobat sudah memverifikasinya di Indosat maka sobat dapat mengunduh aplikasi menggunakan data internet Telkomsel yang kemudian akan memotong pulsa dari Indosat.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

2 komentar untuk "2 Cara Berbeda Membeli Aplikasi Android dengan Pulsa"

Comment Author Avatar
Harus dari kartu di gadget itu sendiri atau bisa dari kartu gadget lain?
Comment Author Avatar
Harus dari gadget karena untuk membuka billing kartu terkait untuk pertama kalinya.