Tips Sebelum Membeli Aplikasi Android di Google Play

Tips Sebelum Membeli Aplikasi Android

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah aplikasi android berbayar di Google Play alangkah baiknya kita harus mengetahui lebih dulu apa saja yang perlu kita persiapkan supaya nanti dapat meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan dikemudian hari.

Mungkin yang kita tahu untuk membeli aplikasi di Google Play syaratnya harus punya akun google (Gmail) dan kita memilih metode pembayaran yang bisa berupa kartu kredit, vcc, redeem code, maupun beli aplikasi dengan potong pulsa melalui layanan google carrier billing. Memang semua itu benar, tetapi kadang kala kita sering sepelekan masalah akun google ini. Sebab Google telah memberikan kebijakan untuk setiap satu kali pembelian aplikasi di google play hanya berlaku untuk satu akun saja. Jadi jika dalam satu perangkat terdapat 2 akun misal A dan B dan kita membeli pake akun A maka di akun B tidak akan ada Order History aplikasi yang sudah dibeli tadi. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah:

Tips Sebelum Membeli Aplikasi Android

Tips sebelum beli aplikasi Google Play

Satu Hal yang harus diperhatikan sebelum berniat untuk membeli aplikasi di Google Play adalah jangan sesekali menghapus atau mencopot akun google jika sudah kita pakai untuk membeli aplikasi, dari perangkat. Mengapa? Karena nggak semua aplikasi melakukan verifikasi pembayaran hanya sekali seumur hidup. Jika suatu saat ada pembaruan dan kita ingin memperbaruinya secara gratis ya otomatis harus menggunakan akun yang sudah dipakai saat pertama kali beli. Kecuali kalau mau beli ulang bisa pakai akun yang lain.

Mungkin tips ini terlihat sepele namun jika kita belum mengetahuinya bisa membuat kita bingung. Apalagi kalau akun yang sering dipakai untuk membeli aplikasi itu dicopot dari perangkat dan tiba-tiba ada aplikasi yang minta verifikasi lisensi, sudah pasti verifikasi akan gagal. Atau mungkin akun di hack orang lain, alamat semua aplikasi yang sudah kita beli bakal menjadi milik hacker tersebut. Untuk menghindari hal semacam ini kita diharuskan untuk menjaga baik-baik akun google yang kita miliki, sering-seringlah ganti password maksimal 6 bulan sekali supaya dapat meminimalisir gangguan dari tangan jahat di dunia maya. Informasi lengkap bisa langsung kunjungi bantuan google untuk mengamankan akun sobat.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

Posting Komentar untuk "Tips Sebelum Membeli Aplikasi Android di Google Play"