Mengaktifkan Multi User Mode Android Lollipop yang Tersembunyi

Android Lollipop memungkinkan untuk berbagi smartphone sobat dengan pengguna lain yang diatur dengan beberapa batasan akses kepada user pihak kedua maupun user tamu (Guest user mode). Dimana user pihak kedua diperbolehkan membuat akun sendiri, mengakses WiFi dan playstore, namun tidak bisa mengutak-atik beberapa milik user primer (pemilik) seperti akun, aplikasi download, file internal maupun telepon dan sms (diatur pemilik). Sedangkan Guest user lebih sedikit aksesnya ketimbang user pihak kedua.

Multi User android lollipop

Fitur Multi User Mode dari android ini sudah build in pada smartphone android dengan sistem operasi Lollipop. Untuk varian beberapa Tablet sendiri sudah didukung sejak OS Jelly bean 4.3. Namun demikian tidak semua produsen menyediakan menu khusus Multi User dan Guest Mode di pengaturan perangkat saat pembaruan ke OS lollipop dengan berbagai alasan yang tidak diketahui. Sebagai contoh Samsung Galaxy S4, Galaxy S5 maupun smartphone keluaran terbaru lollipop, Multi User Mode lenyap dari menu settings.

Sebenarnya bukan lenyap sih sob.. hanya disembunyikan saja. Kita bisa mengaktifkannya kembali dengan mudah. Dengan simple guide edit build.prop, menambahkan perintah pada build.prop supaya menu Multi User muncul di pengaturan. Karena ini berurusan dengan system berarti hanya bisa dilakukan bagi smartphone yang sudah root saja dan tentunya dengan dukungan OS lollipop.

Saya tidak bisa menjamin guide ini kompatible di semua smartphone. Berhati-hatilah selalu backup sebelum memulai. Semua resiko yang mungkin terjadi adalah tanggungjawab masing-masing user.

Mengaktifkan Multi User Mode Android Lollipop

Cara ini saya terapkan di android Samsung yang masih memakai stock ROM. Sedangkan untuk pengguna custom ROM seharusnya Multi User sudah tersedia di menu settings dan kalau tidak ada saya tidak tahu apakah guide ini cocok atau tidak.

1). Pertama sobat backup dulu file build.prop yang terletak di direktori /system atau jika memakai root explorer bisa langsung diedit karena nanti file original otomatis ke backup sendiri yang ditandai dengan penambahan .bak dibelakang extensi file.

2). Mount jadi r/w (read or write) kemudian tekan dan tahan build.prop lalu pilih Open in Text Editor.

3). Tambahkan perintah ini dan diletakkan dibagian paling bawah dengan membuat line baru dan diberi jarak satu line kosong lalu simpan.
fw.max_users=3
fw.show_multiuserui=1
Angka 3 diatas bisa sobat ganti, misal ganti 5 sebagai batas maksimal user yang diperbolehkan mengakses smartphone.

Lihat gambar:

Enable Multi User

4). Pastikan atau setting permissions jadi rw-r--r-- (0644) kemudian reboot dan lihat hasilnya.

Multi User dan Guest user

Jika berhasil akan nampak menu baru "User" (Multi User) di pengaturan perangkat. Di beberapa smartphone juga Multi User bisa terlihat dan diakses dari statusbar expanded header dengan tampilan mini photo usernya yang sudah di switching atau diaktifkan.

Artikel Terkait:

0 Response to "Mengaktifkan Multi User Mode Android Lollipop yang Tersembunyi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!