7 Color Emoji Font untuk Android Lollipop dan Kitkat

Color Emoji

Secara default keyboard pada Android lollipop sudah memiliki color emoji, bahkan dalam bentuk yang bervariasi. Berbeda dengan Kitkat, meski pada dasarnya sama-sama mendukung color emoji, tapi emoji tidak ditampilkan pada keyboard bawaan. Hal ini tentu memaksa untuk menggunakan aplikasi keyboard pihak ke-3 supaya mendapatkan color emoji yang diinginkan walau sebenarnya cukup memakan space dari memori RAM perangkat itu sendiri.

Jika Android yang kalian gunakan sudah memiliki akses root, ada cara yang paling efektif untuk mengganti emoji pada keyboard tanpa harus menginstal aplikasi keyboard. Kalian hanya membutuhkan file emoji font dalam format TTF untuk dimasukkan kedalam system menggantikan file emoji lama yang ada disitu.

Ada 7 Color Emoji Font untuk Android Lollipop dan Kitkat yang bisa kalian dapatkan dari link berikut:

Emoji for Android

Untuk mengganti emojinya antara Lollipop dan Kitkat memiliki sedikit perbedaan. Lebih jelasnya simak panduan dibawah ini:

Cara Mengganti Emoji Android Lollipop

1. Pastikan Android sudah memiliki akses root. Kalian bisa mencari tutorial root Android di blog ini atau di mbah google sesuai merek dan model perangkat masing-masing.

2. Gunakan Root Explorer atau ES File Explorer untuk proses penggantian emoji.

3. Ubah permission dari R/O ke R/W (read or write) kemudian masuk ke sub direktori system/fonts/ cari dan backup NotoColorEmoji.ttf copy ke tempat yang aman atau bisa juga tambahkan .bak dibelakang nama file (.ttf.bak).

Backup NotoColorEmoji.ttf

4. Rename emoji font yang tadi sudah anda dapatkan dari link diatas menjadi NotoColorEmoji.ttf selanjutnya copy atau pindahkan ke system/fonts/ dan jangan lupa ganti permission filenya menjadi rw-r--r-- atau 0644 kemudian reboot perangkat dan lihat hasilnya.

Set permission rw-r--r--

Oh iya, Bagi kalian yang memakai TWRP atau CWM, bisa dilakukan dengan metode flashable zip. Ambil emoflashable.zip ini kemudian extract zip lalu ganti NotoColorEmoji.ttf yang ada didalamnya dengan emoji kesukaan kalian. Rename dengan nama yang sama kemudian jadikan zip kembali dan selanjutnya flash.

Baca juga:

Cara Mengganti Emoji Android Kitkat

Sebenarnya untuk Kitkat belum saya tes, soalnya nggak ada bahan sob.. :D Tapi kalau kalian ingin mencobanya terdapat dua cara yang berbeda. Silahkan pilih mana yang sekiranya bekerja dengan baik.

Cara-1
Cara ini sama seperti untuk lollipop diatas, hanya saja file emoji direname menjadi AndroidEmoji.ttf. Jika didalam system/fonts/ terdapat file dengan nama yang sama, usahakan di backup terlebih dahulu supaya nanti apabila terjadi kesalahan dapat dipulihkan kembali.

Apabila cara-1 tidak berhasil, silahkan kembalikan ke emoji semula dari file backup kemudian kalian lanjut dengan cara-2 dibawah ini:

Cara-2
Siapkan salah satu Emoji Font dari ketujuh emoji yang sudah kalian dapatkan diatas dan biarkan namanya seperti itu dan tidak perlu direname (misal: iOSEmoji.ttf). Kemudian copy atau pindahkan iOSEmoji.ttf ke system/fonts/ dan ganti permission file menjadi rw-r--r-- atau 0644.

Langkah selanjutnya masuk ke system/etc/ lalu edit fonts.xml memakai text editor.
Cari kode ini:
    <family>
        <font weight="400" style="normal">NotoSansSymbols-Regular-Subsetted.ttf</font>
    </family>
Kemudian copy kode dibawah dan letakkan tepat diatasnya.
    <family>
        <font weight="400" style="normal">iOSEmoji.ttf</font>
    </family>
Hasil akhir akan nampak seperti ini.
    <family>
        <font weight="400" style="normal">iOSEmoji.ttf</font>
    </family>
    <family>
        <font weight="400" style="normal">NotoSansSymbols-Regular-Subsetted.ttf</font>
    </family>
Tulisan iOSEmoji.ttf diatas bisa diganti, disesuaikan dengan nama file emoji yang dipakai. Jika sudah, save dan pastikan permission rw-r--r-- lalu reboot perangkat dan lihat hasilnya.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

5 komentar untuk "7 Color Emoji Font untuk Android Lollipop dan Kitkat"

Comment Author Avatar
tq threadnya membantu dan sukses gan :D
Comment Author Avatar
gan kalo namanya langsung kita ubah jadi NotoColorEmoji.ttf brpengaruh nggk gan? soalnya nggak mau ribet sih. hehe
Comment Author Avatar
I really appreciate the kind of topics you post here. Thanks for sharing us a great information that is actually helpful. Good day! facebook emojis