Komparasi Aplikasi Edit Foto PicSay Pro vs Photoshop Touch

Jika bicara mengenai aplikasi edit foto untuk smartphone Android mungkin kedua aplikasi ini layak dimasukkan dalam daftar aplikasi terbaik. PicSay Pro dan Adobe Photoshop Touch merupakan aplikasi berbayar yang cukup bagus dalam hal pengolahan foto. Keduanya memiliki karakter yang hampir sama yaitu sebagian besar tool editor bisa digunakan secara manual. Dan kali ini saya ingin me-review, membandingkan kelebihan serta kekurangan yang ada pada masing-masing aplikasi.

Sebelumnya saya ingin menginformasikan bahwa untuk Photoshop Touch sudah tidak lagi tersedia di Play Store dan juga pengembangan dihentikan sejak 21 Mei 2015. Namun begitu aplikasi masih bisa digunakan dengan catatan tidak lagi mendapat pembaruan. Selengkapnya tentang perberhentian Photoshop Touch, baca disini.

Balik lagi ke topik pembahasan. Ada beberapa fitur menarik dari kedua aplikasi edit foto Android ini. Dimana PicSay Pro membawa tool editor yang tidak bisa kita temui di Photoshop Touch, begitu juga sebaliknya Photoshop Touch menganut konsep minim dari Adobe Photoshop PC dan memiliki fitur yang tidak ada di PicSay Pro. Mungkin kalau misalkan kita kolaborasi keduanya saya rasa akan cocok, saling melengkapi kekurangan satu sama lain.

Kelebihan dan kekurangan PicSay Pro vs Photoshop Touch

Adjustments
Secara keseluruhan hampir sama, hanya penataan saja yang membedakan. Dimana PicSay Pro menggabungkan beberapa pengaturan seperti transform picture dan misc kedalam menu adjustment, sedangkan pada Photoshop Touch lebih memilih dipisah per tab. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangannya, sebagai contoh fix red-eye dan picture location tidak ditemukan di Photoshop Touch begitu juga untuk auto fix dan replace color tidak ada di PicSay Pro.

Menu Adjust Picsay Pro dan PS Touch

Effect
PicSay Pro memiliki beberapa effect instan seperti photo effect, filter dan frame yang bisa langsung digunakan pada foto. Sedangkan Photoshop Touch kebanyakan lebih ke editing manual untuk mendapatkan effect tersebut namun beberapa artistic dan stylize sedikit lebih banyak.

Photo effect Picsay Pro dan PS Touch

Layer dan Blend Mode
Untuk urusan ini Photoshop Touch lebih unggul, sebab layer dari beberapa gambar dapat diatur dan disusun dengan mudah ditambah lagi pilihan blend mode lebih banyak dibanding PicSay Pro.

Layer and Blend mode

Selection Tool
Photoshop Touch mempunyai selection tool yang bervariasi, salah satunya lasso selection tool, polygon selection tool, magic wand tool, dan lainnya yang tidak terdapat pada PicSay Pro. Dengan adanya pointer, memudahkan untuk proses selection sehingga pengeditan bisa lebih detail. Photoshop juga memiliki clone stamp tool untuk menyamarkan suatu objek dengan objek lain disekeliling didalam foto.

Selection Tool foto

Sticker dan Font
Yang ini PicSay Pro menang telak, sebab sudah mendukung sticker dan juga custom font yang bisa ditambahkan sendiri dari penyimpanan. Berbeda dengan font pada Photoshop Touch harus memakai bawaan dari aplikasi dan sedikit tambahan dari online yang tidak bisa kita ganti seenaknya. Ini berlaku untuk Android dan bukan iOS, dikarenakan rendering font di Android tidak bekerja dengan baik. Photoshop Touch tidak memiliki sticker, tapi ada camera fill untuk mengganti misal wajah super hero dengan wajah kamu langsung dari kamera ponsel.

Sticker and Font

Peforma
PicSay Pro lebih ringan digunakan dibanding Photoshop Touch yang cukup banyak memakan space memori sehingga terasa berat ketika mengedit foto dalam ukuran besar.

Baca juga: Quik - Video Editor Terbaru dari GoPro

Layout
Kalau masalah tampilan itu urusan selera jadi saya tidak bisa menyimpulkan sendiri. Yang jelas dilihat dari tata letak saja sudah berbeda, mungkin butuh survei untuk menilainya. Intinya secara keseluruhan desain aplikasi terutama navigasi fitur keduanya memiliki perbedaan tersendiri.

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari PicSay Pro dan Photoshop Touch yang bisa saya sampaikan. Mungkin masih banyak lagi yang belum saya tulis, selebihnya sobat dapat menilai sendiri setelah menggunakan kedua aplikasi tersebut. Atau mungkin ada masukan lagi yang lebih bagus dari aplikasi edit foto Android yang lainnya, silahkan tulis di komentar.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

Posting Komentar untuk "Komparasi Aplikasi Edit Foto PicSay Pro vs Photoshop Touch"