Opsi Baru, Upload Foto 360 derajat di Facebook dan Mengirim Komentar Video

Sekarang facebook sudah bisa digunakan untuk berbagi foto dan video dengan sudut pandang yang lebih luas berkat inovasi baru yang disebut Facebook 360. Inovasi ini memperkenalkan 2 fitur yakni Foto 360 dan Video 360 derajat kepada pengguna facebook web, Android, dan juga iOS.

Facebook Foto 360 derajat, memungkinkan pengguna berbagi foto yang dapat dilihat dengan sudut pandang yang lebih luas. Kita hanya perlu mengambil foto panorama atau photo sphere dari ponsel dan kemudian meng-upload nya, sehingga foto tersebut otomatis menjadi foto 360 di facebook.

Begitu juga untuk Video 360, kita bisa membuatnya dengan perangkat kamera khusus untuk merekam video 360 derajat yang kemudian bisa kita upload juga ke facebook.

Foto 360 dan video 360 facebook

Ciri-ciri untuk mengidentifikasi video dan foto 360 derajat dengan yang biasa di facebook adalah ditandai dengan icon kompas disebelah kanan pada foto maupun video. Sedangkan untuk menjelajahinya cukup dengan menyeret foto dan video dengan kursor atau jari jika memakai ponsel. Dan untuk pengguna headset VR juga dapat mengeksplore foto 360 dan video 360 di facebook layaknya konten virtual reality.

Baca juga: Cara menghapus aplikasi yang terhubung ke Facebook

Namun demikian dalam postingan blog facebook ada sedikit keanehan terkait dukungan untuk ponsel atau smartphone. Sebab mereka mengatakan bahwa untuk meng-upload foto 360 dan video 360 hanya akan bekerja pada smartphone Samsung Galaxy dan iOS. Saya tidak tahu apakah itu kesalahan tulis atau memang karena fitur masih baru yang menyebabkan dukungan perangkat masih terbatas. Untuk mengujinya silahkan kamu mencoba upload foto 360 ke facebook dengan smartphone non-Samsung dan non-iOS apakah bekerja atau tidak.

Sementara itu untuk versi aplikasi facebook sendiri yang didukung adalah v80+ untuk Android dan v57+ untuk iOS. Dan jika penasaran seperti apa foto dan video 360 derajat, kalian bisa lihat News Feed di halaman Facebook 360.

Mengirim komentar video di Facebook

Selain dapat menambah emoji, sticker, dan GIF, ternyata facebook menambah opsi baru lagi yaitu mengirim video kedalam komentar. Opsi ini berada di icon foto, yang bila kita klik akan muncul dua pilihan "lampirkan sebuah foto atau video". Ini juga berlaku untuk foto 360 maupun video 360 yang bisa kita kirim sebagai komentar.

Komentar video facebook

Mengirim komentar video termasuk perubahan untuk semua dukungan perangkat dan seluruh dunia. Namun untuk meng-upload jenis foto 360 derajat dan video 360 di komentar, kembali lagi pada perangkat masing-masing yang mendukungnya.

Sumber:
Facebook Newsroom
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

3 komentar untuk "Opsi Baru, Upload Foto 360 derajat di Facebook dan Mengirim Komentar Video"

Comment Author Avatar
wah bisa dicoba buat bikin foto kontes lucu nih dengan fitur 360 kek gini :)
Comment Author Avatar
sebenernya extensionnya tetep jpg/png kn gan ? cuman bedanya potonya bentuknya panorama doang ya ? berarti langsung otomatis ke convert ama facebook nya langsung jadi 360 gtu ya gan ? baru mau coba, baru tau soalnya hahaha, thanks gan informasinya (y)
Comment Author Avatar
jpg or png support semua. Yang bikin nyesek tuh facebook 360 photo belum mendukung di banyak perangkat, termasuk HP saya sendiri :(