Mengatasi "GPS Signal Not Found" pada Pokemon GO Android

Pokemon GO "GPS signal not found"

Antusiasme gamers gadget akan kehadiran Pokemon GO seakan tak bisa dibendung lagi. Terbukti, belum genap seminggu jumlah pemakai game ini terus meningkat pesat, sampai-sampai server pengembang (Niantic) sempat kewalahan.

Kita tahu, Pokemon GO baru tersedia untuk beberapa negara saja dan belum resmi hadir di Indonesia. Oleh karenanya, jika kalian ingin memainkan game ini harus menggunakan file APK yang diinstal melalui situs lain selain Play Store yang juga menyediakan seperti APKMirror. Kebetulan di postingan sebelumnya saya sudah menyediakan link downloadnya, silahkan yang belum punya langsung menuju ke halaman ini.

Sudah menjadi resiko jika kita memaksa memainkan game yang belum resmi hadir di negara sendiri, berbagai masalah akan timbul. Salah satunya yang banyak dikeluhkan saat bermain Pokemon GO adalah GPS signal not found. Jika sudah mengalami masalah GPS ini, kalian tidak akan bisa memainkannya karena harus menjelajahi suatu tempat.

Baca juga:

Mengatasi GPS signal not found pada Pokemon GO

Untuk kalian yang mengalami masalah GPS signal not found pada Pokemon GO, berikut ini adalah cara untuk mengatasinya:
  1. Gunakan GPS dengan akurasi tinggi. Caranya cek pengaturan perangkat. Buka Settings > Location atau Settings > Privacy > Location > Aktifkan dan pilih mode High Accuracy (GPS, Wi-Fi, and mobile networks).
  2. Install/update Google Maps.
  3. Buka Google Maps, usahakan tanpa keluar dari game dan lihat location sobat sudah tepat atau belum posisinya.
  4. Kalau belum, tekan icon GPS disebelah kanan bawah untuk refresh lokasi.
  5. Sekarang balik ke game Pokemon GO, bisa melalui recent apps atau menekan tombol home. Tunggu sesaat dan lihat apakah peringatan GPS signal not found hilang sendiri atau tidak.
Update location on Google Maps

Jika masalah belum teratasi juga, sobat bisa update location lagi tapi menggunakan aplikasi WhatsApp. Dengan cara berbagi lokasi kepada teman WA sobat.
  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke Chats room teman, klik icon pin sebelah kanan atas > pilih location > tunggu beberapa saat untuk refresh location.
  3. Tekan icon GPS pada peta supaya posisi bergeser tepat ke lokasi dimana sobat berada.
  4. Sekarang balik lagi ke Pokemon GO dan lihat hasilnya.
Kirim location di Whatsapp

Baca juga:

Seharusnya disini masalah sudah teratasi. Kalaupun dengan kedua cara diatas tak kunjung terselesaikan, ada kemungkinan terdapat masalah pada GPS sobat. Untuk mengatasinya bisa dengan kalibrasi ulang GPS menggunakan bantuan aplikasi GPS Status & Toolbox.
  1. Instal GPS Status & Toolbox dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi menemukan lokasi sobat. Untuk pertama kali biasanya lumayan lama 1 atau 2 menitan.
  3. Jika lokasi sudah ditemukan, coba letakkan smartphone pada bidang yang datar dan lihat apakah bulatan magnet didalam aplikasi tepat di tengah-tengah lingkaran atau tidak.
  4. Jika ternyata melenceng ke pinggir, pilih Calibrate pitch and roll > klik Calibrate supaya magnet GPS kembali ke tengah.
Lock location dengan GPS Status & Toolbox

Lagi-lagi masalah belum juga teratasi, peringatan GPS signal not found belum hilang juga dari Pokemon GO, gimana nih? Jika hal ini terjadi, terpaksa sobat gunakan lokasi tiruan untuk mengatasinya. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Masuk ke Settings > Developers option > Aktifkan Allow mock locations. Jika di menu settings belum terdapat developers option, untuk memunculkannya tap 5 - 7 kali Build number yang terletak pada About device.
  2. Gunakan jaringan Wifi supaya lebih cepat mengunci lokasi sobat. Atau gunakan jaringan mobile yang koneksinya stabil.
  3. Lakukan reset prefensi aplikasi. Buka menu Settings > Applications > Application manager > klik MORE atau icon 3 titik sebelah kanan atas > Reset App Preferences.
Itulah beberapa metode yang bisa sobat pilih untuk mengatasi GPS signal not found pada game Pokemon GO. Apabila sobat punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah game ini, jangan lupa share pengalamannya disini. Selamat berburu Pokemon!

Artikel Terkait:

18 Responses to "Mengatasi "GPS Signal Not Found" pada Pokemon GO Android"

  1. Udah ane coba mas.. masih nggak bisa..
    Hp saya samsung grand prime.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Butuh internet yang stabil bos pasti bisa. Maklum ni game masih beta dan belum support penuh di indo.

      Delete
  2. masih gabisa di ane gan :(


    Download Sekarang App Isi Ulang Voucher Pulsa , Token , Maupun Pembayaran PPOB Melalui Smartphone Android.Lebih Mudah , Cepat dan Tepat & Bisa Di Pergunakan Kapan dan DiMana Saja Anda Berada. Klik https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cendana2000.serbabayarmobile

    ReplyDelete
  3. fian galuh itu bisa nyoba pake cara yg mana??

    ReplyDelete
  4. pinter banget lo sob sampe tau banyak cara ngatasinnya... thanks yaa buat infonya :D

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas informasinya min sangat berguna..

    Sekedar info nih untuk admin kami mengadakan Kontes SEO 2016 Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Gan hp saya mode nya cuma ada satu mode hemat aja apa hp saya gk dukung gps ny ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sering-sering aja buka google maps untuk refresh lokasi. Memang terkadang agak berat, tergantung jaringan internet stabil atau nggak.

      Delete
  7. Gan failed detection location...gara-gara pakai fake gps...cara normalinnya gmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matikan mock location di menu developers perangkat.

      Untuk fake GPS, saya pakai cara ini:

      http://linkireng.blogspot.com/2016/07/manipulasi-lokasi-menggunakan-fake-gps-di-pokemon-go.html

      Delete
  8. Mock location udah ngak ada gan,fake gps udah uninstal juga tapi ngak ngaruh tetep ngak bisa ke detec location...ngak bisa buat maen lagi...gmn ya gan ada saran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reboot perangkat, tunggu beberapa jam, aktifkan GPS dengan akurasi tinggi, sering-sering aja buka google maps dan klik icon GPS untuk refresh lokasi.

      Delete
  9. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!