Cara menggunakan VPN langsung di menu setting Android

Setting VPN Android

Menggunakan VPN di HP Android kurang lebihnya ada dua cara yang bisa dipilih yaitu dengan memakai aplikasi ataupun langsung mengaturnya di menu setting. Keduanya tidak membutuhkan akses root dan sama-sama bisa terkoneksi walaupun ada sedikit perbedaan dalam hal pengoperasiannya.

Memakai VPN (Virtual Private Network) jelas tujuan utama untuk menyembunyikan IP lokal dengan diganti IP server penyedia layanan VPN dari masing-masing negara. Berselancar di internet dengan IP luar negeri sama saja kita mengikuti peraturan yang ada di negara tersebut, misal sobat tinggal di negara A yang memblokir situs facebook sedangkan di negara B tidak, jadi jika sobat menggunakan VPN dari server negara B maka situs yang diblokir dapat diakses kembali. Begitulah kira-kira gambarannya :). Manfaat lain VPN juga bisa digunakan untuk internet gratis dengan bantuan configurasi serta aplikasi pendukung seperti VPN Client dan Injector.

Setting VPN di Android

Didalam menu setting HP Android secara default sudah tersedia opsi pengaturan VPN yang bisa ditambahkan dengan pilihan tipe protocol. Biasanya tipe protocol yang ada disitu tidak sama dengan protocol jika sobat memakai aplikasi VPN Client. Untuk itu VPN yang digunakan harus disesuaikan tipe protocolnya dengan yang ada di menu setting, biasanya yang sering dipakai adalah PPTP dan L2TP.

Sebagai contoh, karena VPN ini bersifat komersial jadi kita pakai saja yang free, tentu dengan speed yang dipangkas. Tapi lumayan lahh buat dibikin tutorialnya disini.

1. Yang pertama kunjungi situs penyedia VPN yang support untuk Android, seperti vpngate.net ini yang memiliki banyak server dari berbagai negara.

2. Pada menu VPN Servers List tersedia tabel yang berisi VPN server dari berbagai negara, namun sobat fokuskan dibagian kolom protocol L2TP/IPsec saja. Scroll kebawah pilih salah satu yang sobat inginkan berdasarkan negara. Copy alamat server atau hostname kemudian klik bagian protocol untuk mengambil username, password dan Pre-shared key.

Layanan VPN gratis

Hostname: xeolab-1.opengw.net

Password VPN

Username: vpn
Password: vpn
Pre-shared key: vpn

3. Selanjutnya membuat VPN profile di Android sesuai data diatas. Silahkan masuk ke Setting > More connection settings > VPN > Add VPN (profile) > Isi data disini, lihat gambar dibawah:

Add VPN profile

Keterangan:

Name: VPN France (isi nama bebas)
Type: L2TP/IPsec PSK
Server address: xeolab-1.opengw.net (sesuai server yang dipilih)
IPsec pre-shared key: vpn

Ceklist Show advanced options
Forwarding routers: 0.0.0.0/0

Kemudian klik SAVE.

4. Klik pada VPN profile yang sudah dibuat lalu masukkan:
Username: vpn
Password: vpn

Ceklist Save account information kemudian klik Connect.

Connect to VPN


Tips:
- Pilihlah VPN dengan nilai Ping sekecil mungkin supaya koneksi ke server tetap stabil.
- Dibagian VPN session terdapat uptime, sebaiknya pilih yang masanya lama 3 days atau lebih. Terbayang kan jika ternyata tinggal beberapa jam saja otomatis sesi waktu akan cepat habis.

Mungkin itu saja cara bagaimana menggunakan VPN di Android melalui menu setting tanpa root dan tanpa bantuan aplikasi. Selamat mencoba!

Post Pilihan:

0 Response to "Cara menggunakan VPN langsung di menu setting Android"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel..!!