Mengubah Lagu Mp3 menjadi Karaoke di Android (memperkecil Vocal)

Mengubah mp3 menjadi karaoke pada dasarnya hanya menghilangkan suara vocal pada suatu lagu supaya tersisa musiknya saja. Untuk membuatnya sendiri kalau di Android diperlukan aplikasi khusus, salah satu yang terbaik yang pernah saya coba adalah dengan menggunakan aplikasi SingPlay.

SingPlay mendukung bebera jenis format audio mulai dari .mp3, .aac, .m4a, .flac, dan .ogg untuk diconvert, memperkecil suara vocal supaya menghasilkan output sebuah musik karaoke.

Kenapa saya bilang memperkecil suara vocal?

Karena lagu karaoke yang dihasilkan dari aplikasi ini tidak benar-benar menghilangkan suara vocal penyanyi. Tapi seperti yang sudah saya katakan diatas, aplikasi ini adalah yang terbaik karena musik karaoke yang dihasilkan masih terdengar jelas. Dibandingkan dengan aplikasi yang lain yang rata-rata kualitas musiknya akan menurun drastis.

Baca juga: Cara merubah MP4 menjadi MP3

Mengubah mp3 menjadi karaoke
Pastikan sobat sudah menginstal aplikasi SingPlay ke Android sobat. Kalau belum silahkan ambil melalui tombol dibawah ini.

Get it on Google Play Store

1. Buka aplikasi SingPlay, dan pilih lagu mp3 yang akan dijadikan karaoke.

2. Pilih mode karaoke, yang ditandai "icon mic" berwarna hijau. Kemudian stop lagu > geser waktu pemutaran ke 00:00 > klik icon REC untuk mulai merekam.

Convert mp3 menjadi karaoke

3. Gunakan headphone untuk mengganti suara vocal dengan suara sobat sendiri. Tapi kalau tidak pun tak masalah karena niat awal hanya mengambil musiknya saja.

4. Setelah proses rekaman selesai akan muncul 3 pilihan, sobat pilih saja "Listen". Dilanjutkan klik "icon Settings" sebelah kanan bawah > atur Vocal Volume dan Reverb Volume menjadi 0, bertujuan untuk menghilangkan suara eksternal yang ikut terekam.

Menghilangkan suara vocal lagu

5. Klik icon Save warna hijau > tulis Title dan Artist lagu > ganti cover album > klik Export.

Simpan musik karaoke

Lagu atau musik karaoke sudah selesai dibuat dan otomatis tersimpan kedalam folder SingPlay di internal perangkat. Sekarang sobat dapat pergunakan musik karaoke tersebut untuk apa saja, seperti diupload ke Smule Sing atau yang lain.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

2 komentar untuk "Mengubah Lagu Mp3 menjadi Karaoke di Android (memperkecil Vocal)"

Comment Author Avatar
Bagai mana kalau video gan?! Apa ada app nya jga?!
Comment Author Avatar
Kenapa hasil rekamannya tidak merformat mp3 dan lama