Cara Mendapatkan Video Instagram dari File Cache Android

download video instagram

Tak selalu file cache itu harus dihapus dari perangkat. Meski itu dilakukan pun jika ada aplikasi yang dijalankan akan membuatnya lagi dan lagi sehingga kuota memori termakan olehnya. Cache sebenarnya berguna untuk mempercepat transfer data baik di peramban maupun aplikasi, jadi ada manfaat besar dibalik itu semua.

Sebagai contoh Instagram, aplikasi ini memanfaatkan cache guna menyimpan video yang sedang kita lihat sehingga video yang sedang diputar akan terasa mulus tanpa buffering. Nah...berhubung file cache tersebut berada di memori internal, otomatis semua video Instagram yang sudah diputar tadi bisa sobat ambil langsung untuk koleksi pribadi ataupun buat bahan upload youtube sobat. Asik kan...

Mendapatkan Video Instagram di Android

Untuk mendapatkan video Instagram dari file cache sendiri sangatlah mudah. Yang harus dilakukan pertama adalah memutar video sampai selesai pada aplikasi Instagram untuk menghasilkan cache video yang utuh. Dan jangan lupa catat waktu pemutaran di jam berapa.

Baca juga: Cara mudah download video Facebook

Yang kedua, sobat buka file manager dan masuk ke direktori penyimpanan perangkat (Internal Storage)/Android/data/com.instagram.android/cache/video/disini....

Ketiga, disitu akan terlihat banyak file ekstensi .clean, Sobat cari yang waktu atau jamnya sama dengan video yang telah diputar tadi. Jika lebih dari satu, ambil yang ukurannya MB atau yang tidak ada tulisan -part nya. Nah silahkan rename .clean menjadi .mp4.

lokasi cache video instagram

Note:
Gunakan aplikasi file manager yang mampu rename ekstensi file, seperti X-plore.

Sekarang video sudah bisa diputar pada video player, silahkan copy atau pindahkan file video ke tempat yang aman. Ini untuk berjaga-jaga apabila cache aplikasi dihapus maka semua yang ada disitu akan lenyap. Akhir kata... Selamat mencoba!
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Video Instagram dari File Cache Android"