Cara Setting Drum Machine menjadi Kendang di Android

Drum Machine merupakan aplikasi virtual musik drum android dengan tampilan sederhana mirip seperti aplikasi Drum Pad memiliki 8 pad atau tombol yang bisa mengeluarkan efek suara drum jika ditekan. Namun yang menjadi kelebihan dari Drum Machine yaitu secara default aplikasi ini menyediakan 11 jenis drum yang berbeda.

Aplikasi ini juga menyediakan yang namanya Machine editor yang berguna untuk mengedit beberapa customisasi supaya lebih menarik. Mulai dari style, warna, bentuk Pad, bahkan efek suara pun bisa diedit menjadi suara yang lain, misalnya suara kendang.

Untuk cara setting Drum Machine menjadi suara lain dalam hal ini kendang, maka yang perlu diperhatikan adalah sobat harus menyiapkan sampling kendangnya. File sampling yang dapat dipakai harus format audio seperti mp3, ogg, atau wav.

Dapatkan sampling kendang disini

Langkah pertama sobat siapkan file sampling, atau ekstrak sampling yang sudah didapat dari link diatas kemudian simpan dalam folder di internal.

Kedua, jalankan Drum Machine kemudian klik icon Edit Machine (lihat gambar) lalu tekan dan tahan pada Pad yang akan diedit suaranya hingga muncul tampilan Edit Pad.

edit machine

Ketiga, pada tampilan Edit Pad terdapat beberapa pilihan yang bisa sobat edit. Salah satunya mengganti efek suara dengan cara klik "Load" pada bagian sample kemudian cari file sampling kendang yang akan dimasukkan, misal suara "Tung". Ganti namanya juga jika diperlukan. Jika sudah tekan OK.

edit pad

Keempat, edit Pad yang lain dengan cara yang sama yaitu tekan dan tahan kemudian ikuti langkah ketiga diatas. Setelah selesai klik Use.

Kelima, jangan lupa disimpan supaya perubahan tidak hilang. Caranya klik icon gear > Save > Machine > tulis namanya > kemudian klik Save.

save kendang drum machine

Catatan:
Untuk memunculkan Machine kendang hasil editan setelah aplikasi ditutup dan dibuka kembali caranya klik icon gear > Load > Machine > klik file .mcn yang tadi sudah disimpan.

Nah begitulah kira-kira cara setting drum machine menjadi kendang di Android. Sobat sekalian juga bisa mengedit sendiri dengan suara yang lain seperti guitar, angklung, maupun suara hewan sesuai keinginan dan kreatifitas masing-masing. Selamat mencoba..!!
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

2 komentar untuk "Cara Setting Drum Machine menjadi Kendang di Android"