Trik menyembunyikan Foto dan Video dari Galeri Android

Menyembunyikan foto dan video di gallery

Punya foto atau video rahasia tapi tidak ingin dilihat orang lain? Ada trik sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri hp android.

Trik ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, tapi jika sobat belum pernah dengar silahkan boleh dilanjut bacanya sampai akhir.

Normalnya jika kita menyimpan file foto maupun video di android maka secara otomatis foto dan video tersebut akan muncul di Gallery bawaan berupa thumbnail (cover gambar berukuran kecil). Siapa saja yang membuka gallery akan melihatnya.

Nah maka dari itu trik satu ini akan mencoba untuk menyembunyikan foto dan video rahasiamu dari galeri namun tidak untuk filenya. Maksudnya sobat hanya akan bisa melihat foto atau video nya langsung dari file manager.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Semua jenis File di Android

Menyembunyikan Foto dan Video di Gallery

Trik ini sangat simpel dan tanpa aplikasi, sobat hanya perlu membuat sebuah file dengan nama .nomedia kemudian disimpan kedalam folder foto atau video yang ingin disembunyikan dari galeri. Lebih jelasnya simak dibawah ini:

1. Buatlah sebuah file kosong dengan ekstensi .nomedia memakai teks editor, atau langsung saja download disini.

Note: Jagan lupa rename file hasil download diatas, tambahkan tanda titik didepannya. Dari nomedia menjadi .nomedia

2. Simpan file tersebut kedalam folder foto atau video yang ingin dihidden atau disembunyikan dari gallery.

lokasi file .nomedia


3. Sekarang coba buka gallery dan perhatikan. Foto dan video yang disimpan satu folder bersama file .nomedia tidak terlihat lagi.

Tips:
Jika file .nomedia tidak terbaca oleh perangkat, silahkan aktifkan "Tampilkan file yang tersembunyi" pada file manager android masing-masing.

Mudah bukan, hanya dengan sebuah file kosong dapat menyembunyikan foto dan video dari galeri Android. Dan untuk melihat atau mengaksesnya sendiri sobat harus menuju ke file manager dimana sobat menyimpan foto dan video tersebut. Selamat mencoba!
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

1 komentar untuk "Trik menyembunyikan Foto dan Video dari Galeri Android"

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.