4 Penyebab Android Download Sendiri, Berikut Cara Mengatasinya

android download sendiri

Pernahkah smartphone android kamu mengalami masalah seperti sering download sendiri? Jika iya mungkin dari 4 masalah berikut merupakan salah satu penyebabnya.

Setidaknya ada 4 kriteria yang bisa digolongkan sebagai penyebab perangkat android sering download sendiri, diantaranya:

  • Android download file saat browsing.
  • Android sering instal aplikasi sendiri.
  • Pembaruan aplikasi otomatis dari Play Store.
  • Auto update OTA software.


Dari ke empat kriteria diatas maka akan kita temukan solusi bagaimana cara mengatasinya.

1. Mengatasi android download file saat browsing

Ketika sedang mengunjungi suatu situs, tanpa disengaja tampilan halaman dialihkan ke tab baru dan tiba-tiba android mendownload suatu file tak dikenal. Kasus seperti ini banyak dialami user android tak terkecuali saya pribadi. Masalah ini bukan berasal dari perangkat melainkan iklan yang dipasang di situs tersebut. Biasanya iklan semacam ini banyak dipasang di situs download ataupun streaming movie.

Solusi

Untuk mencegahnya, kamu bisa memasangkan adblock pada browser yang kamu pakai. Tapi jika browser tidak menyediakannya, kamu bisa memakai browser lain yang memiliki fitur adblock.

Pasang AdBlock Browser

Baca juga: Cara menghilangkan Iklan di Android dengan AdAway

Perlu diingat, terkadang ada beberapa situs yang tidak bisa diakses ketika pengunjung mengaktifkan adblock. Jadi gunakan fitur ini secara bijak.

2. Mengatasi android menginstal aplikasi sendiri

Tak ada angin maupun hujan tiba-tiba android kamu menginstal aplikasi tanpa adanya tindakan yang dilakukan. Mungkin kamu perlu mengingat kembali aplikasi apa yang terakhir kamu instal sebelum perangkat android menjadi sering instal aplikasi sendiri.

Ada semacam aplikasi afiliasi yang mempromosikan beberapa aplikasi lain yang selanjutnya satu persatu akan diinstal ke perangkat android dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Biasanya aplikasi semacam ini sejenis Louncher, penghemat baterai, atau app cleaner.

Solusi

Untuk mengatasinya, buka aplikasi tersebut dan matikan fitur auto instal aplikasi (jika ada). Atau langsung saja copot instalan dari perangkat android.

Apabila kamu merasa tidak pernah menginstal aplikasi yang dimaksud diatas, bisa jadi ada aplikasi tak dikenal yang tersembunyi dari layar drawer dan secara diam-diam menginstal aplikasi lain. Segeralah periksa manager aplikasi dan cari aplikasi yang kiranya mencurigakan.

Buka Pengaturan > Aplikasi > Manajer aplikasi > Uninstal aplikasi yang mencurigakan.

hapus aplikasi mencurigakan

3. Android memperbarui aplikasi secara otomatis.

Memperbarui aplikasi ke versi yang lebih baru memang diperlukan agar aplikasi tetap uptodate dan mendapat perbaikan berkala. Namun tidak harus juga untuk semua aplikasi diatur supaya mendapat pembaruan secara otomatis.

Solusi

Silahkan buka aplikasi Play Store kemudian menuju ke Setelan. Dibagian "Update aplikasi secara otomatis" kamu pilih "Jangan update aplikasi secara otomatis". Dengan begini pembaruan aplikasi hanya bisa dilakukan secara manual.

auto update aplikasi nonaktif

Baca juga: Download aplikasi Play Store versi Terbaru

4. Nonaktifkan update OTA software

Sama halnya pada poin ke-tiga. Update software yang diatur otomatis di android, akan mendownload official software secara Over The Air (OTA) saat ada pembaruan terbaru.

File yang didownload bisa berupa update firmware, aplikasi atau fitur tambahan, atau sekedar perbaikan bug. Ukuran file pun beragam mulai dari puluhan MB hingga ratusan.

Solusi

Supaya pembaruan software ini tidak berjalan otomatis, kamu harus mengatur ulang di setingan perangkat sehingga kamu dapat memperbaruinya pada saat dibutuhkan saja.

1. Masuk ke Settings > About device
2. Nonaktifkan Auto update software
3. Ganti Sceduled/Jadwal update software menjadi OFF.

auto update software nonaktif

Baca juga: Tutorial Instal Firmware Samsung Galaxy lewat Odin


Kurang lebihnya itulah cara mengatasi Android yang sering download sendiri. Apabila semua langkah diatas belum bisa mengatasi masalah, kemungkinan ada beberapa penyebab lain yang belum dijelaskan pada artikel ini. Kamu bisa diskusikan dikolom komentar, siapa tahu admin atau pengunjung lain menemukan solusinya.
Linkireng
Linkireng Penulis artikel di blog Linkireng

1 komentar untuk "4 Penyebab Android Download Sendiri, Berikut Cara Mengatasinya"

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.